Rabu, 24 Februari 2010
TUGAS PRIBADI PENDIDIKAN YANG KE-2
REVOLUSI TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN ; TUGAS 2
Tidak dapat kita sangkal lagi kalau teknologi telah semakin berkembang dalam kehidupan masyarakat, terutama di dunia pendidikan. Telah terjadi revolusi secara besar- besaran pada setiap teknologi yang ada. Jika kita bandingkan dengan masa dulu, masa sekarang telah banyak berubah. Pada saat dulu orang menggunakan komputer, bolpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan bersikap positif. Akan tetapi, di dunia yang kini berorientasi teknologi, kompetensi orang makin ditantang dan diperluas dengan cepat. Kita diharuskan untuk tidak gaptek ( gagap teknologi ).
1. Ubiquitous Computing
Mark Weiser menciptakan istilah “ubiquitous computing” untuk pertama kalinya sekitar tahun 1988, selama masa jabatannya sebagai Chief Technologist dari Xerox Palo Alto Research Center ( PARC ).
Ubiquitous computing adalah pasca-desktop model interaksi manusia-komputer dalam pengolahan informasi yang telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam objek dan aktivitas sehari-hari. , ubiquitous computing akan memaksa komputer eksis di dunia manusia.
Mungkin dulu komputer yang dikenal adalah komputer yang bentuknya besar dan dipakai secara bersama- sama. Itu karena harganya yang masih terbilang sangat mahal pada zaman tersebut.
Kemungkinan komputer yang ada, di masa depan akan digantikan oleh ubiquitous computing yang menekankan pada distribusi komputer pada lingkungan.
2. Perkembangan Komputer
Komputer sekarang ini telah berkembang dengan pesat, tidak hanya bisa digunakan untuk mengetik, menyimpan data, bermain game, tetapi lebih dari itu. Dengan komputer kita bisa terhubung dengan siapa saja dan dimana saja. Bahkan kita bisa memperoleh informasi dengan cepat dan mudah. Tidak heran, pada saat sekarang pemikiran manusia sudah semakin luas daripada masa dulu. Inilah yang membuat saya tidak pernah lepas dari yang namanya komputer.
Jaringan yang tersedia di computer pada saat sekarang ini adalah internet. Dengan adanya internet, muncullah istilah world wide web (web), website, e-mail, bahkan yang namanya facebook yang telah menjadi kebutuhan kita.
Internet adalah inti dari komunikasi melalui computer. Dengan adanya internet ini, kita dapat memperoleh informasi dengan sangat mudah, karena koneksinya telah terhubung dengan komputer-komputer di seluruh dunia.
World wide web (web) adalah system pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet. Kita tidak perlu lagi capek-capek mencari bahan bacaan yang kita inginkan di perpustakaan. Ingin mengetahui tentang peninggalan bersejarah, universitas. Semuanya telah tersedia di dalam web
Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet.
E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari internet. Pada saat sekarang, kita tidak perlu capek-capek lagi menulis surat yang sampaikan dalam hitungan hari. Kita bisa mengirimnya dalam bentuk e-mail, yang sampainya hanya dalam hitungan detik.
Saya sangat setuju jika dikatakan bahwa ubiquitous computing akan berada di masa depan kita. Karena itu dapat menjanjikan hal-hal yang lebih mudah, terutama dalam hal pendidikan. Revolusi teknologi yang terjadi sangat membantu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan kita.
3. E-learning
Teknologi e-learning sangat membantu dalam bidang pendidikan yang mampu mengantisipasi keterbatasan waktu dan ruang. Karena tidak mungkin seorang guru/ dosen mampu menjelaskan dan memberikan bahan pelajaran secara lengkap dengan waktu yang terbatas. Maka dari itu teknologi e-learning seakan-akan wajib untuk digunakan.
4. Kelebihan yang kita peroleh dari ubiquitous computing dan e-learning
Saya sangat senang jika berada dalam era ubiquitous computing dan e-learning. Saya rasa perubahan tersebut tidaklah memberikan dampak yang buruk, malahan sebaliknya, kita memperoleh keuntungan. Perangkat baru ini, dipasang dengan jaringan murah, dapat memampukan murid untuk membantu mengerjakan tugas dan dapat dibawa pulang. Dengan demikian kita memaksa komputer untuk eksis di dalam kehidupan kita. Kita akan menjadi sangat tertinggal dan terpuruk jika kita tidak mengikuti perkembangan yang ada.
Kelebihan-kelebihan e-learning :
-Memberikan pengalaman yang menarik dan bermakna bagi peserta didik
-Dapat memperbaiki tingkat pemahaman dan daya ingat seseorang terhadap knowledge seseorang.
-Adanya kerja sama dalam komunitas on-line, sehingga memudahkan berlangsungnya proses transfer informasi dan komunikasi.
-Administrasi dan pengurusan yang terpusat, sehingga memudahkan dilakukannya akses dalam operasionalnya.
5. Penutup
Begitu banyak kemudahan-kemudahan yang ditawarkan kepada kita di era ubiquitous computing dan e-learning. Sekarang tergantung kita bagaimana untuk menyikapinya. Apakah kita akan memanfaatkannya dengan baik atau malah sebaliknya.
Marilah kita mencoba untuk membuka diri dengan perkembangan dan revolusi-revolusi yang ada. Jadilah masyarakat yang tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi.
6. Referensi
Santrock, John W. 2008.psikologi Pendidikan. Edisi Kedua.Jakarta:Kencana
Munir, M.IT.2008.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi
OLEH :
LIA SUSANTI SIMANJUNTAK
091301088
25 FEBRUARI 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar