Kamis, 11 Februari 2010

JARINGAN INTERNET MENJADI BAGIAN DALAM HIDUPKU; Tugas 1

1. Pengantar
Siapa yang tidak mengenal internet? Saya rasa pada zaman sekarang tidak ada yang tidak mengenal internet. Kita sangat diharuskan untuk mengenal internet. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan ilmu teknologi sangatlah penting. Internet merupakan salah satu teknologi informatika dan komunikasi, yang mana internet ini memiliki begitu banyak fungsi, seperti menyampaikan informasi, menghibur, alat komunikasi, mengolah data, media pembelajaran, mempermudah pekerjaan, bisnis, pengetahuan, penyimpanan data.

2. Pengenalan jaringan internet dalam hidup saya
Saya termasuk orang yang gaptek ( gagap teknologi ). Saya mengenal internet setelah saya memasuki masa SMA.
Sewaktu memasuki masa SD ( sekolah dasar ) saya belum mengenal yang namanya, situs internet. Memang mungkin pada zaman saya SD, jaringan internet belum begitu meluas. Yang kalau dibandingkan dengan zaman sekarang, di beberapa sekolah dasar telah menggunakan teknologi internet untuk membantu proses pembelajaran.
Sewaktu memasuki masa SMP, di sekolah saya telah menggunakan teknologi intenet, tetapi masih sangat jarang digunakan. Padahal kita tahu, kita harus selalu mengikuti perkembangan teknologi. Tetapi setelah memasuki masa SMA saya mulai terbiasa dengan teknologi, khususnya jaringan internet. Karena tidak jarang setiap tugas harus mencari informasi dari internet.
Di masa sekatang ini, jaringan internet seakan- akan menjadi makanan saya setiap hari. Saya harus bisa membiasakan diri dengan perkembangan teknologi dengan cara :
• Learning to know, saya telah mengetahui tentang internet. Apa itu internet, manfaatnya, dan kemudahan- kemudahan yang dapat kita peroleh dari situs internet.
• Learning to do, dan saya sudah bisa mengaplikasikannya, bukan sekedar mengetahuinya.
• Learning to live together, dimana saya tidak hanya mengetahuinya, mempraktekkannya, tetapi juga mengaplikasikanya di dalam hidup bermasyarakat.
• Learning to be. Menjadikan internet menjadi sesuatu yang berguna dalam hidupku.

3. Manfaat jaringan internet dalam hidup saya
Buat saya internet telah menjadi kebutuhan hidup. Setiap hari harus berurusan dengan internet. Mulai dari mencari tugas sampai dalam hal mencari hiburan. Kita juga tahu, di universitas tidak semua informasi dapat diterima secara lengkap. Ilmu pengetahuan dan teknologi hasil temuan manusia tidaklah mungkin semuanya bisa disampaikan kepada peserta didik hanya dalam waktu yang terbatas. Oleh karena itu saya sangat membutuhkan jaringan internet. Bahkan ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan mahasiswanya memiliki e-mail dan juga blog. Dan itu tidak lepas dari yang namanya jaringan internet.
Jaringan internet juga menyediakan situs- situs yang sifatnya menghibur, seperti facebook yang telah membudaya di kalangan masyarakat, termasuk saya. Tiada hari tanpa up date status.
Dengan mengenal jaringan internet, banyak manfaat yang telah saya peroleh. Saya semakin mengerti dalam hal pelajaran, mudah memperoleh informasi, dan yang paling penting saya dapat terhubung dengan orang lain. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang saya berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Bahkan kerjasama antara dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih murah. Jaringan internet telah memberikan kemudahan dalam hidup saya.

4. Tantangan yang saya peroleh
Dengan berkembangnya jaringan internet, dan ketergantunganku terhadap internet, telah mendatangkan tantangan dalam hidupku sendiri. Saya harus bisa membagi waktu secara efektif. Kita juga pasti tahu, bahwa membutuhkan biaya yang terbilang mahal untuk kalangan seperti saya. Jadi saya harus bisa memanfaatkan apa yang ada untuk memperoleh informasi melalui jaringan internet.

5. Penutup
Internet merupakan salah satu produk teknologi yang dapat membantu kita meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan. Meskipun masih banyak tantangan, kita masih dapat memanfaatkan Internet sebesar mungkin. Mungkin hidup saya sekarang ini tidak dapat dipisahkan dari situs internet.

Referensi :
Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan (edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta
http://id.search.yahoo.com/search?fr=ffds1&p=manfaat+internet

Posted by LIA SUSANTI SIMANJUNTAK
NIM : 09 - 088
11 FEBRUARY 2010

3 komentar:

  1. apa yang anda dapatkan setelah anda tau bahwa internet bisa merugikan dan menguntungkan seseorang?

    BalasHapus
  2. ya pengetahuan donk...................
    gitchu aj kok repot....hehehehe

    BalasHapus
  3. memang la kalau kau la ito...ito....
    ga bsa marah aku....
    ntah napa bisa begitu ya???
    sama ito aku ga isa marah
    tapi kalau sama orang aku bisa marah

    BalasHapus